Selasa, 19 April 2011

MENGENAL PERMASALAHAN PENDIDIKAN TK


Pemerintah saat ini sedang menggiatkan Pendidikan Anak Usia Dini yang dikenal dengan PAUD. Di setiap desa dibuka pendidikan ini minimal 1 kelompok, bahkan di beberapa desa bisa sampai 5 kelompok atau lebih. Disadari atau tidak, bahwa mendidik anak pada usia dini tidak kalah sulit dengan mendidik anak usia SMP dan SMA, bahkan sebagian orang mengatakan lebih sulit. Mereka berpendapat bahwa pendidikan di level ini meletakkan dasar-dasar sukses hidup dan kehidupan masa depan anak. Pendidikan di usia dini sasaran utamanya adalah pembentukan karakter anak, sedang pada sekolah menengah lebih cenderung pada aspek akademis. Pendidikan usia dini (PAUD dan TK) yang mengorientasikan diri pada unsure akademis saja adalah satu kekeliruan.

Belajar dan pembelajaran memiliki 4 tingkatan.
Pertama, belajar mata pelajaran. Anak-anak belajar materi pelajaran, seperti sains, Bahasa, PKN dan lainnya. Belajar pada tahap ini adalah tahap yang bobotnya terendah.
Kedua, belajar bagaimana belajar. Materi pelajaran di era informasi begitu banyak. Perkembangan informasi dan perubahan ilmu pengetahuan begitu cepat. Ilmu komputer berubah setiap hari, sains berubah setiap bulan dan seterusnya. Untuk bisa menyerap pertambahan/perubahan dan banyaknya informasi pengetahuan kita perlu memiliki cara bagaimana belajar. Dengan kemampuan ini, seseorang akan mampu mengikuti perubahan dan perkembangan ilmu yang begitu cepat.
Ketiga, belajar mengubah paradigma. Esensi dari semua belajar adalah perubahan perilaku yang lebih baik. Perubahan perilaku akan terjadi apabila diawali dengan adanya perubahan paradigma.
Keempat, belajar membersihkan hati. Tiga tahun terakhir disadari ternyata hanya mengubah paradigma saja masih belum cukup, karena motif-motif yang bersifat individual dan mengabaikan orang lain. Oleh karena itu belajar membersihkan hati dari motif-motif yang akan merugikan orang lain tidak boleh terjadi. Kebersihan niat dalam hati ternyata kunci utamanya. Level yang ketiga dan ke empat tersebut, dasar-dasarnya di letakkan mulai dari TK.  Semakin tinggi tingkatan sekolah, titik tekan mengarah pada level 2 dan satu. Ini berarti memilih atau menjadi  pendidik anak-anak PAUD dan TK tidak boleh sembarangan. Banyak permasalahan-permasalah yang ada di sekolah TK.
Berikut berbagai permasalahan yang pernah terjadi dan tercatat selama hampir 10 tahun di TK pada umumnya:
a. Permasalahan Anak
Permasalahan awal tahun
Awal tahun adalah kondisi yang paling berat, karena pada saat itu aneka latar belakang dan keadaan anak bercampur.Berikut perasalahan yang terjadi, diantaranya:
1. Tidak mau masuk kelas pada hari-hari pertama hingga sepekan
2. Menangis minta pulang tanpa alasan, belum memiliki seragam, pipis/buang air besar atau sebab lainnya pada hari-hari pertama
3. Perilaku agresif, seperti memukul, mengejek dan  memarahi teman-temannya
4. Tidak mau masuk ruang, kecuali dengan orangtuanya

1 komentar:

  1. visited: http://nhae2.blogspot.com/
    follow back yea....!!!

    BalasHapus