Jumat, 13 Mei 2011

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERHITUNG PERMULAAN ( MERIA MONTESSORI )

Montessori lahir di roma ( italia, 1870) .
Pada tahun 1907 mentessori mendirikan sebuah taman kanak-kanak yang bernama “ Casa Dei Bambini”. walaupun ia berhasil dalam mengembangkan lembaganya namun ia kurang mendapatkan penghargaan dari pemerintahnya. Hal ini lah yang melatar belakangi montessori untuk berpindah ke Amerika. Selama mengasingkan diri di Amerika dibantu dengan Miss Helen Parkhust. Dan selama itu lah Montessori mengarang buku berjudulrahasia kehidupan anak-anak”. Kemudian pada tahun 1916 diterbitkan buku montessoriyang berjudulPendidikan diri”.
Beberapa Pandangan dasar montessori yaitu:
1.Semua bentuk pendidikan adalah pendidikan diri                                                           sendiri.
2.Pendidikan Pendosentris
3.Masa Peka
4.Anak memperoleh kebebasan untuk berkembang
Pengembangan fungsi panca Indra   
1. Alat permainan indra penglihatan
a.Tiga stel silinder dengan baloknya yang berlubang sesuai dengan besar dan tinggi silinder tersebut.
b. Tiga stel kotak, balok dan keping papan.
                 
  2. Alat permainan untuk indra peraba dan perasa 
a.Untuk melatih indra peraba dipakai papan yang dibagi menjadi kotak-kotak dimana kotok-kotak itu diseling kasar dan halis.
b.Indara perasa dengan lidah dilatih dengan berbagai buah-buahan atau makanan, yang manis, masam, asin, pahit dan lain-lain.
   3. Alat permainan untuk indra pendengar 
a.Kelinting dengan bunyi yang berlainan.
b.Sekelompok kotak-kotak tertutup yang berisi batu, uang logam, jagung kering, beras, atau barang lain.
c.Dapat mengikuti irama piano yang dimainkan guru.
  
4. Alat permainan untuk indra pencium
Indra pencium dilatih dengan bau berbagai bunga dan buah-buahan. Dengan demikan anak dapat menyebut nama sesuatu bunga, buahatau barang lainnya yang dicium tanpa melihatnya.
  
IMPLIKASI MODEL MONTESSORI
1.Ruangan
2.Guru
3.Cara mengajar
      tiga langkah pengajaran yaitu:
       a. langkah menunjukkan
       b. langkah mengenal
       c. langkah mengingat
  
4. Bahan pengajaran
    a. Pendidikan jasmani
    b. Pendidikan kecerdasan
        1. Menulis dan membaca permulaan
        2. Bahasa
        3. Teknik menjumlah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar