Senin, 16 Mei 2011

Mengasah Imajinasi Anak


Berkhayal bukan sekadar permainan anak. Khayalan menjadi cara terbaik untuk mengantarkan anak menjadi pemikir kreatif dan pelajar yang baik.
“Mengembangkan kreativitas anak adalah salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan,” kata Wendy Masi, PhD, dekan Mailman Segal Institute of Childhood Studies di Nova Southeastern University, Fort Lauderdale, penulis Toddler Play. Penelitian baru menunjukkan bahwa kemampuan imajinasi anak (imagination quotient) bisa menjadi faktor yang lebih menentukan keberhasilan akademis dibandingkan intelligence quotient (IQ). “Anda tentu ingin si kecil menjadi pemikir yang cerdas dan mengerti bahwa tidak ada satu jawaban pasti untuk setiap permasalahan,” kata Dr. Masi.
Mencerdaskan anak menjadi tuntutan bagi para orang tua. Sebab, belakangan ini  sekolah cenderung mengutamakan tes. Bahkan kelompok-kelompok bermain pun  lebih menekankan prestasi akademis ketimbang bermain. Mainan yang disebut edukatif untuk anak usia dini atau mainan interaktif, memang sukses menghibur anak-anak tapi tidak merangsang kreativitas mereka. Begitu pula DVD yang dirancang untuk belajar mengenal angka, huruf, atau musik.
”Ada risikonya jika orang tua tidak mengembangkan potensi kreatif anak,” kata Dimitri Christakis, MD, penulis pendamping The Elephant in the Living Room: Make Television Work for Your Kids. American Academy of Pediatrics baru-baru ini menganjurkan para orang tua agar meluangkan lebih banyak waktu untuk bermain bersama anak dan fokus pada mainan seperti dulu yang sederhana.
Permainan menyusun balok dianggap sempurna untuk belajar kreatif, karena memberi keleluasaan kepada anak untuk bebas berkreasi tanpa batasan. Dalam studi yang dilakukan University of Washinton di Seattle, para peneliti memberi balok-balok kayu kepada keluarga yang mempunyai anak batita dan menyarankan untuk dikerjakan bersama sekeluarga. Enam bulan kemudian, batita yang diberi permainan menyusun balok mendapat angka 15 persen lebih tinggi dalam tes kemampuan bahasa dibanding anak yang tidak diberi permainan serupa.
Namun, menyusun balok hanya salah satu cara membebaskan imajinasi anak. Untuk menumbuhkan kreativitas, Anda sendiri perlu berpikir di luar pakem Anda.

Siasati jadwal
Luangkan waktu minimal satu jam sehari untuk bermain bersama anak. Jangan mengatur permainan–biarkan anak Anda yang menentukan. “Corbin, 6, dan Lesha, 2, lebih imajinatif jika saya meminta mereka memimpin permainan,” ujar Kaylin Karras, seorang ibu di San Antonio. “Saya singkirkan mainannya dan membiarkan mereka menciptakan permainan sendiri.”

Jadilah keluarga berjiwa petualang
Warnai acara makan malam dengan hidangan baru satu kali seminggu. Kunjungi tempat bermain yang berbeda dari biasanya. Ajaklah anak berjalan kaki dan tunjukkan apa yang menarik sepanjang perjalanan. Ketika Anda mendekati hal yang menarik perhatian dengan penasaran, si kecil akan meniru apa yang Anda lakukan.

Berkreasi dengan benda-benda biasa
Minta batuan anak mencuci kotak-kotak kecil bekas minuman. Setelah kering, arahkan untuk membangun benteng dengan kotak-kotak itu. Masukkan biji-bijian ke dalam botol dan biarkan ia memainkannya untuk membuat bunyi-bunyian. Atau, buat boneka dari kaus kaki usang. Lihat saja, anak Anda akan mulai berkreasi sendiri.

Keluar rumah
Berjalan telanjang kaki menapaki permukaan yang berbeda –rumput basah, trotoar hangat, pasir kering –dan tanyakan kepada anak apa yang dirasakan. Atau, biarkan si petualang kecil mengintip di balik daun dan batu, lalu minta dia mendeskripsikan penemuannya. Jangan lupa membawa kotak untuk menyimpan hasil temuannya untuk proyek seni atau sains di sekolah.

Permainan sederhana
Untuk mengurangi intensitas menonton televisi, simpan pesawat teve di dalam lemari tertutup dan sembunyikan remote control. Jauhkan pula dari barang mainan elektronik. Permainan sederhana masih lebih baik: Bermain cilukba dengan bayi Anda, panci atau benda lainnya dijadikan intrumen musik. Kardus bekas televisi yang dilubangi bisa digunakan untuk bermain rumah-rumahan atau seolah di dalam bus. Atau,  isi ember plastik dengan air dan siapkan boneka, handuk, dan pakaian bersih sehingga batita Anda bisa berpura-pura memandikan adik bayi.

Mendongeng
Mendengar Anda mendongeng menjadi inspirasi bagi anak untuk menciptakan cerita sendiri. Gunakan suara yang berbeda untuk setiap peran. Begitu anak mengenal betul sebuah cerita, biarkan dia mengarang akhir ceritanya. Atau ciptakan sebuah dongeng bersama –Anda memulai dan dia melanjutkannya.

Bertingkah konyol
Gunakan mahkota plastik saat Anda mencuci pakaian atau pakailah topi koboi saat berkebun. Ubah suara dan perilaku Anda sesuai kostum yang dikenakan. Melihat Anda ceria akan menyemangati anak untuk mencoba karakter yang berbeda.

Sosialisasi
Menginjak usia 2½ tahun, anak Anda sudah siap bermain dengan anak-anak lain, bukan sekadar bertemu. Bermain bersama baik untuk mengeksplorasi dunia fantasinya, berbagi mainan, dan menjalin pertemanan. Jangan merencanakan kegiatan lain atau melakukan intervensi kecuali benar-benar diperlukan (misalnya ada anak lain yang kasar).

Mengenalkan seni
Mengajak anak pergi ke museum akan menumbuhkan semangat anak untuk menggambar atau melukis karyanya sendiri. Sementara musik dapat membangkitkan jiwa kreatif dalam diri anak. Ketika anaknya tampak mengalami masalah untuk beradaptasi di kelas yang baru, Ana Debonis melihat putranya semakin sering bernyanyi dan bermain dengan gitar mainannya. “Ini membantu dia untuk mengatasi stres,” ujar Ana, seorang ibu dari Silver Spring, Maryland.

Cermat memilih kelompok bermain
Tidak ada salahnya mengajarkan membaca dan berhitung kepada anak usia 4 tahun. Namun, perhatikan materi yang paling banyak diberikan dalam kurikulum kelompok belajar (preschool). “Anak usia dini lebih baik ditempatkan dalam lingkungan belajar yang berangkat dari permainan,” kata David Elkind, Ph.D., penulis The Power of Play. Pastikan anak mempunyai banyak pilihan –seperti aktivitas seni, bermain puzzle, atau membangun kastil. Dan, tanyakan kepada guru tentang filosofinya. Ia sebaiknya tidak ikut campur dan mengatur kecuali si anak meminta bantuannya.

Mengendalikan emosi
Ketika Franny Perl, 6 tahun, menumpahkan es krim yang tertiup angin kencang di tepi pantai, ibunya, Erika, justru menciptakan istilah baru: badai es krim. ”Seorang anak datang memberi es krim serupa, tapi yang benar-benar membuat Franny senang adalah istilah ’badai es krim’ dan ia mengatakannya berulang kali,” ujar ibu dari Washington D.C. ini. Dengan gaya humor yang kreatif, Erika menunjukkan kepada putrinya bagaimana cara untuk bangit dari kekecewaan.

Membawa mainan ke taman
Taman bermain baik untuk melatih fisik anak, tapi peralatan untuk mengasah kreativitas tidak selalu tersedia. Bawalah kapur berwarna, permainan gelembung sabun, dan alat bermain pasir untuk bermain bersama anak-anak yang lain. Anda juga bisa membawa cat muka dan mengubah mukanya seperti binatang favoritnya, lalu biarkan ia beraksi.

Dukung artis cilik Anda
Sediakan area bermain di rumah untuk anak bebas menggambar, melukis, atau berkarya kapan pun ia mau. Beth Lerman mengubah pojok garasi menjadi sebuah studio seni saat putrinya berusia 3 tahun. “Ada meja besar lengkap dengan cat, gulungan kertas putih, glitter, lem, kuas, kapur, spidol, krayon, dan materi lainnya,” kata ibu dari Dallas itu. “Ini tempat favorit Jammie, di sini dia bisa bebas berkreasi bahkan boleh berantakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar