Senin, 29 Agustus 2011

TIps Guru Hari Pertama Mengajar (Tips Menghadapai Siswa Di Hari Pertama Mendidik)



Tips Guru Hari Pertama Mengajar

acesf.8m.com
Hari pertama mengajar, tentu saja merupakan hari yang sangat  menentukan bagi seorang guru atau pendidik anak usia dini. Kenapa? Karena meski anak-anak masih sangat polos, mereka juga tidak kalah dalam menilai seseorang. Malah justru karena kepolosan merekalah, seorang pendidik anak usia dini harus bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang menarik hati para anak didik.

a. Materi pelajaran
    Yang pasti persiapan materi  mengajar haruslah benar-benar dipersiapkan baik-baik. Materi haruslah benar-benar yang menarik. Sebisa mungkin segala talenta yang kita  punya, bisa kita tunjukkan kepada anak-anak didik. Misalnya
bila anda pandai  bernyanyi,  persiapkanlah  lagu yang terbaik buat   anak-anak didik. Bila anda pandai kerajinan tangan, buatlah sebuah karya kerajinan tangan yang nantinya bisa menjadi media pengajaran buat anak-anak didik. Supaya mereka benar-benar tahu, kalau  kita patut dihormati dan dihargai sebagai  guru dengan menunjukkan kualitas diri kita. Karena pada hari pertama itulah, anak-anak biasanya juga ditanya sama orang tuanya,”Nak… gimana rasanya diajar sama Bunda Siti (bukan nama sebenarnya)?” Sehingga saat ditanya  sama orang tuanya, sang  anak bisa menjawab dengan jawaban yang luar biasa untuk didengarkan oleh orang tuanya.

b. Penampilan
Tampillah sebaik mungkin.  Penampilan ini tidak hanya berhubungan dengan pakaian kita,  malainkan juga “tindak tanduk” kita. Tampillah  sebaik mungkin,  bila perlu  pakai baju baru dan tubuh dan nafas  yang harus. Supaya anak-anak bisa betah berada di dekat kita.

c. Hati yang gembira
Semua orang pasti tidak pernah   lepas dari yang namanya masalah. Sebagai pendidik  anak usia dini, sebaiknya kita jangan membawa  urusan rumah  tangga kita ke dalam sekolah. Meski kita sedih, atau lagi marah, jangan sampai perasaan itu terbawa di kelas atau saat kita mengajar. Biasanya itu akan sangat mempengaruhi kualitas mengajar  kita di depan anak-anak.

d. Hati yang ikhlas
Kata bunda-bunda pendidik  PAUD, hati yang ikhlas adalah syarat  yang terpenting bagi seorang pendidik anak usia  dini. Karena dengan hati yang ikhlas,  masalah-masalah yang mungkin timbul di dalam kelas terasa menjadi  lebih ringan dan bisa terselesaikan dengan baik,  sehingga tubuh pun tidak mudah terasa  capek.


Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
http://networkedblogs.com/mhsvP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar