Selasa, 26 Juli 2011

FASE PERKEMBANGAN MORAL

Perilaku Moral Dapat Dipelajari Melalui
}  Trial and Error
}  Pendidikan Langsung
}  Identifikasi dengan orang yang dikagumi
}  Konsep Moral adalah prinsip-prinsip benar atau salah dalam bentuk abstrak dan verbal
}  Konsep dasar dipelajari melalui :
a. Pemahaman tentang konsep benar dan salah dalam situasi khusus darimana konsep tersebut dipelajari
b. Menerapkan konsep moral (yang dipelajari di point a) tersebut pada situasi yang berbeda
c. Memahami konsep moral yang baik dan buruk dalam bentuk tindakan/perbuatan nyata. Contoh perilaku baik mematuhi ibu sedangkan contoh perilaku buruk adalah melawan ibu.
}  Dalam mempelajari konsep moral terdapat nilai-nilai moral. Nilai moral adalah konsep moral yang digeneralisasi dan mencerminkan nilai sosial
}  Nilai moral pada anak tidak statis, cenderung berubah dengan bertambah luasnya lingkup sosial anak.


Kendala Mempelajari Konsep Moral
}  Perkembangan Kecerdasan
}  Bentuk Pembelajaran
}  Perubahan Nilai Sosial
}  Bentuk-bentuk moral yang berbeda
}  Variasi dalam berbagai situasi
}  Konflik dengan tekanan sosial

Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan Moral
}  Kurang tertanamnya jiwa agama pada setiap orang dalam masyarakat
}  Keadaan masyarakat yang kurang stabil
}  Banyaknya tulisan dan gambar yang tidak mengindahkan dasar moral
}  Tidak terlaksananya pendidikan moral yang baik
}   Kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan moral dasar sejak dini
}  Banyaknya orang yang melalaikan budi pekerti
}  Suasana rumah tangga yang kurang baik
}  Kurang adanya bimbingan untuk mengisi waktu luang
}  Kurangnya tempat layanan bimbingan.

Usaha-usaha Perkembangan Moral Pada Anak
}  Menumbuhkan kecerdasan moral pada anak
}  Sifat timbal balik pembinaan akhlak
}  Stimulasi perkembangan moral pada anak
a. anak harus dirangsang oleh lingkungan usaha-usaha yang aktif
b.  Menurut Erickson tahun-tahun pertama dari kehidupan anak, orang tua hendaknya menanamkan dasar mempercayai orang lain
c.   Perangsangan yang diberikan harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak
d. Rangsangan yang diberikan harus tepat waktu, orang tua harus proaktif atau menjalin hubungan yang erat dengan anak, berbicara dengan anak tentang masalah yang dialami sehari-hari.


 DOSEN FKIP PG PAUD :DEVI RISMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar