Konsep Dasar
Metode Sentra dan Lingkaran
(Beyond center and Circle Time)
dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Bagaimana Kaitannya dgn Metode
“Beyond Center and Circle Time”?
1.Metode ini ditujukan untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (kecerdasan jamak) melalui bermain yang terarah.
2.Metode ini menciptakan setting pembelajaran yang merangsang anak untuk aktif, kreatif, dan terus berpikir dgn menggali pengalamannya sendiri (bukan sekedar mengikuti perintah, meniru, atau menghafal).
3.Dilengkapi dengan standar operasional yang baku, yang berpusat di sentra-sentra kegiatan dan saat anak berada dalam lingkaran bersama guru, sehingga mudah diikuti.
Apakah yang dimaksud dengan Metode
“Beyond Center and Circle Time” ?
•Suatu metode atau pendekatan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
•Merupakan perpaduan antara teori dan pengalaman praktik.
•Merupakan pengembangan dari metode Montessori, High/Scope, dan Reggio Emilia.
•Dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT) Florida, USA.
•Telah digunakan di Creative Pre School Florida, USA selama lebih dari 25 tahun, baik utk anak normal maupun utk anak dg kebutuhan khusus.
Apa Ciri-ciri dari Metode
“Beyond Center and Circle Time” ?
1.Pembelajarannya berpusat pada anak;
2.Menempatkan setting lingkungan main sbg pijakan awal yang penting;
3.Memberikan dukungan penuh kpd setiap anak utk aktif, kreatif, dan berani mengambil keputusan sendiri;
4.Peran guru sbg fasilitator, motivator, dan evaluator;
5.Kegiatan anak berpusat di sentra-sentra main yang berfungsi sbg pusat minat;
6.Memiliki standar prosedur operasional (SPO) yang baku (baik di sentra maupun saat di lingkaran);
7.Pemberian pijakan sebelum dan setelah anak bermain dilakukan dalam posisi duduk melingkar (dalam lingkaran).
Contoh 1: Jadwal Kegiatan Harian BCCT
(untuk Kelompok Anak Usia 2-6 Tahun)
(untuk Kelompok Anak Usia 2-6 Tahun)
Waktu | K e g i a t a n | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
07.00 | Kedatangan Guru, penyiapan Sentra Kegiatan (pijakan lingkungan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
07.30 | Penyambutan anak, bermain bebas, minum | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
08.00 | Waktu di lingkaran I: (pijakan sebelum main: berceritera, mendiskusikan gagasan main, menyepakati aturan main, mengatur teman main) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
08.30 | Kegiatan Bermain di Sentra: (pijakan saat anak bermain: memberi waktu cukup untuk bermain, memberi penguatan prilaku positif, memperbaiki komunikasi, meningkatkan kemampuan hubungan sosial, evaluasi kemajuan anak, waktu minum). | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
09.30 | Bersih-bersih, cuci tangan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
09.40 | Makan bekal bersama | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10.00 | Waktu di lingkaran II sekaligus kegiatan penutup: (pijakan setelah main: meminta masing-masing anak untuk mengingat/menceritakan kembali pengalaman main, bernyanyi, pesan-pesan, berdoa) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11.00 | Anak-anak Pulang | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11.10 | Guru merapikan tempat dan melengkapi catanan kegiatan harian | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11.30 | Guru diskusi: evaluasi kegiatan hari ini & rencana kegiatan hari berikutnya | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12.00 | Guru Pulang Contoh 2: Jadwal Kegiatan Harian BCCT(untuk Kelompok Anak Usia 2-6 Tahun)
1.Tidak boleh melarang, melainkan memberikan alternatif kegiatan lain yang dibolehkan. 2.Tidak boleh menyuruh, melainkan mengajak, yang berarti pendidik ikut terlibat di dalamnya. 3.Tidak boleh berbicara keras, melainkan berbicara lembut yang cukup didengar oleh semua anak dalam kelompoknya. 4.Tidak boleh marah, melainkan memberikan pengertian atas perilaku keliru yang dilakukan anak tanpa harus menghukum, walaupun perilaku itu mungkin sudah dilakukan anak berulang kali. Hal-hal yang harus dimiliki oleh setiap pendidik PAUD: 1.Sayang anak. 2.Murah senyum. 3.Sabar. 4.Tekun/telaten. 5.Sepenuh hati (hatinya terlibat). 6.Senang bernyanyi. 7.Senang mendongeng. 8.Memahami konsep PAUD. 9.Memahami tahap perkembangan anak. Tips kata-kata ajaib yang harus menjadi bahasa sehari-hari anak: 1.Salam (assalamualaikum, selamat pagi/siang) 2.Maaf 3.Permisi 4.Tolong 5.Bisa dibantu 6.Terimakasih 7.Bolehkah 8.Dengan senang hati 9.Silahkan | Hal-hal yang harus dihindari oleh pendidik PAUD: | Contoh 3: Jadwal Kegiatan Harian BCCT (untuk Kelompok Anak Usia 2-6 Tahun) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar